Marketing is Perception   Leave a comment

Persepsi yang dimaksud adalah persepsi pelanggan terutama pelanggan korporasi terhadap penyelenggara layanan telekomunikasi. Untuk meningkatkan persepsi pelanggan terhadap TELKOM di tengah gencarnya aksi kompetitor, perlu diwujudkan upaya Winning The Customer Mind Share melalui langkah yang strategik, taktis dan operasional yang sinergis.

Langkah strategik yang perlu ditempuh untuk membentuk persepsi pelanggan antara lain:

  • Pertama adalah implementasi strategi Enterprise Winning Way. Strategi ini diterapkan di DIVES dan dikenal dengan nama Magnificent-7 (M7) yang memiliki 4 Key Success, 8 Key Initiatives dan 16 Program Utama dengan Siprit “Together Nothing Impossible”.
  • Kedua adalah penerapan Customer Centric yang diwujudkan melalui transformasi organisasi di lingkunan DITEWS, tujuannya adalah untuk lebih memfokuskan aktivitas pengelolaan pelanggan korporasi.

Selain langkah strategik dalam Winning The Customer Mind Share juga ditempuh langkah taktis melalui implementasi branding TELKOM Solution Business Partner. TELKOM memposisikan diri sebagai mitra/partner bagi pelanggan dalam meningkatkan bisnisnya melalui berbagai solusi strategis yang ditawarkan. Langkah strategik lainnya adalah Winning on Bidding. Dari 80 proposal tender yang ditawarkan kepada pelanggan, 100% dimenangkan oleh TELKOM. Dalam hal ini sangat sulit bagi kompetitor untuk mengalahkan TELKOM kecuali jika terjadi kesalahan yang dilakukan TELKOM. Selain itu perlu pula adanya Implementasi Incentive Winning Team berupa pemberian insentif kepada team yang telah memenangkan bidding dalam skala besar. Hal ini adalah sesuatu yang wajar di dunia marketing atau sales dan menjadi pelengkap langkah strategik lainnya.

Contoh dari beberapa langkah Winning The Customer Mind Share di level operasional, berupa Integrated Marketing Communication di High End Market. Dengan menjadikan TELKOM sebagai pusat perhatian di berbagai media melalui pemberitaan yang baik dapat meningkatkan persepsi positif pelanggan. Hal lainnya adalah penyelenggaraan C2Care dan TSH (TELKOM Solution House) yang merupakan upaya service plus bagi pelanggan korporasi. Hadirnya C2Care Car merupakan bentuk kepedulian TELKOM dalam melakukan mobile services dan diharapkan dapat meningkatkan image/tangibility TELKOM di mata pelanggannya. Sedangkan TELKOM Solution House di Lobby Gedung Chase Plaza Jl. Sudirman Kav.21 Jakarta, adalah langkah nyata dalam mewujudkan TELKOM Solution Business Partner.

Posted September 12, 2007 by K-K-K in Management, Strategik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: